-->
gifs website

Sunat Usia Bayi Adalah Waktu Tepat Untuk Sunat

sunat khusus bayi di yogyakarta

Kebiasaan sunat di Indonesia, sunat dilaksanakan pada anak usia diatas lima tahun. Padahal kebiasaan ini dapat diperbaiki agar lebih baik, menurut dokter usia bayi adalah waktu tepat untuk sunat. Sangat dipahami bahwa naluri orang tua sangat kuat terhadap bayi mereka yang baru lahir. Fakta bahwa bayi yang baru lahir itu memiliki ketahanan tubuh yang masih belum berkembang sempurna kadang memupuskan niat untuk menyunatkannya pada masa itu.

Para dokter di Indonesia ataupun di dunia sepakat bahwa sunat yang dilakukan pada masa bayi itu lebih baik, sesungguhnya pada masa bayilah pertumbuhan tengah berada di puncaknya. Luka sekecil apa pun yang terjadi pada bayi akan lebih cepat sembuh. Berdasarkan fakta ini para dokter di banyak negara di dunia menerapkan sunat pada bayi mereka yang baru lahir. 

Pada negara berkembang di benua Afrika, menyunat pada masa bayi didukung dengan kempanye untuk mengurangi risiko penyebaran penyakit infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual ketika bayi dewasa nanti. Belum lagi bayi yang menderita phimiosis, paraphimiosis, dan gangguan pada lubang kencing yang harus segera disunat.

Berbeda dengan di negara-negara barat memutuskan untuk melakukan sunat pada anak mereka ketika bayi karena dianggap lebih sehat dan lebih mudah bayi anak mereka, anggapan bahwa rasa sakit yang timbul akibat sunat pada masa bayi tidak akan diingat oleh anak mereka nantinya. Lagi pula ketika dewasa pun si anak pasti akan berharap disunat ketika masih bayi, pemerintah Amerika dan negara lain pun mulai melakukan kampanye sunat di rumah sakit bersalin. Hal ini didukung juga oleh CDC.

Pernah ada sebuah survei yang dilakukan terhadap anak-anak di negara barat, kebanyakan mereka juga berharap sunat dilakukan ketika mereka masih bayi karena dianggap lebih baik dari pada dilakukan ketika mereka sudah dewasa.
Pada intinya sunat memang menjadi keputusan penuh orang tua, begitu juga bersangkutan dengan kapan tindakan ini akan dilakukan. Namun bagi para orang tua yang ingin melakukan sunat pada bayi laki-laki mereka tidak perlu ragu atau pun takut karena hal ini memang telah disarankan oleh dokter-dokter di dunia.

Para orang tua tentunya tidak perlu khawatir ketika bayi laki-laki mereka akan melakukan sunat, tanpa mereka sadari bayi laki-laki mereka jauh lebih berani dan kuat dalam menjalani tindakan sunat. Apa lagi jika didukung dengan tenaga medis dan perawat yang profesional, maka prosedur sunat akan berjalan lancar dan tidak akan membawa efek negatif pada bayi.

Yan Khitan Jogja membuka layanan sunat mulai dari bayi sampai dewasa, ini karena Yan Khitan Jogja memang merupakan pusat khitan bayi, anak dan dewasa yang selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pasiennya termasuk pada pasien bayi. Dokter kami sudah tahu benar bagaimana menangani pasien bayi, dengan metoda klamp di mana sunat dilaksanakan dengan cepat dan minim pendarahan. Bayi anda tentu akan tertangani dengan baik, dan dengan hasil yang memuaskan.

Jika memang keadaannya sudah tepat, ada baiknya orang tua tidak menunda-nunda sunat anak sampai dewasa. Semakin dini anak disunat maka akan semakin baik, dan tentunya juga akan bermanfaat untuk si anak sendiri. Fungsi satu-satunya kulup adalah untuk pembentukan awal penis di dalam kandungan ibu sebagai salah satu bagian dari perkembangan si jabang bayi, ketika bayi sudah dilahirkan maka fungsi kulup pun sudah selesai sampai di situ dan sudah waktunya kulup untuk dibuang. Jika kulup tetap dipertahankan maka akan berpotensi untuk menjadi tempat berdiamnya kotoran yang nantinya dapat ditunggangi oleh bakteri penyakit-penyakit yang lebih berat.

Kulup juga kerap menjadi penyebab utama rendahnya tingkat kebersihan penis pada laki-laki, baik di masa bayi, kanak-kanak, atau pun dewasa. Hal ini menandakan bahwa tidak ada lagi alasan untuk mempertahankan kulup ini pada bayi yang baru lahir, jadi segerakan untuk menyunat bayi laki-laki.

Jika pun masih ragu untuk menyunatkan putra yang masih bayi, anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter di Yan Khitan Jogja. Anda dapat menanyakan langsung bagaimana keuntungan sunat bayi, dan bagaimana prosedurnya. Ini sangat penting karena informasi yang paling baik adalah yang datang dari dokter yang berpengalaman, Yan Khitan Jogja pun sangat terbuka untuk para oranga tua yang ingin berkonsultasi tentang sunat.

Jangan ragu untuk menghubungi atau mengunjungi langsung Pusat Yan Khitan Jogja, mungkin keputusan yang anda buat hari ini membawa manfaat yang luar biasa untuk putra anda kelak di masa depannya.

Berlangganan artikel terbaru via e-mail :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel